Senin, 21 November 2016

Review Ban Motor Zeneos ZN77

Udah lama juga ane ga nulis di Blog iseng-iseng ane ini.
Baelah kalau  begitu, pada kesempatan kali ini ane akan mereview bann belakang si Browny milik ane (Supra X Helm In).

Sepeti pernah ane tuliskan di Honda Supra X Helm In Dengan Ban Besar, ane mengganti ban belakang si Browny dengan ban Zeneos ZN77 ukuran 90/90 ring 17.

Supra X Helm In dengan Ban Zeneos ZN77 90/90-17

Ban Zeneos adalah ban produksi PT Gajah Tunggal. Ban ini lebih menonjolkan sisi style. Dengan kebangannya lebih sedikit dibanding ban standar. Untuk lebih singkatnya ane membagi review ini dalam beberapa bagian

Desain

Dari sisi desain, Ban ini sangat bagus dan enak dilihat, tapi sebenarnya hal ini subyektif tergantung ente sekalian. Seri Zeneos di produksi ole PT Gajah Tunggal lebih menonjolkan ke segi style/penampilan.

Kenyamanan

Untuk urusan kenyamanan, ban ini patut diacungi dua jempol. Begitu diganti langsung terasa perbedaannya dengan ban standar pabrik. Jalan gelombang, gravel, beton, aspal terkelupas dapat dilalui dengan nyaman. Tapi kalo jenglengan dan lobang tetep ga nyaman. hehehe, harus ngerem dulu. 

Daya Tahan

Setelah ane pake kurang lebih 18.000 km kondisi ban masih bagus, tidak terdapat benjolan atau retakan. Kembang ban juga masih ada 0.8 mm, masih 20% kalau menurut istilah pedagang motor. 
Ban Zeneos ZN77 setelah 18.000 km


Dry Grip (daya Cengkeram Jalan Kering)

Ban ini enak diajak jalan di tempat kering, Boncengan atau sendiri ban tetap nempel ke aspal. Ane nikung denggan kecepatan 60 km/jam sampe footstep ampir kena aspal juga gapapa. Ga ada gejala slip

Wet Grip (Daya Cengkeram Jalan Basah)

Lain lagi ceritanya di jalan basah/hujan. Pengguna haru extra hati-hati karena ban ini kadan slip jika dilakukan pengereman mendadak. Kalau boncengan sih ane ga pernah mengami motor ngesot, tapi kalau sendirian, ane kadang suka ngesot kalau jalan basah walaupun ga fatal. Penyebabnya mungkin karena kebangannya seidkit. Agan-agan yang pake atau mau pake ban ini ane sarankan untuk Hati-hati. 

Harga

Waktu ane beli harganya 210 ribu di pedagang rumahan. Ongkos pasang + tips 30 ribu, Total 245.000. not bad. Harga segitu termasuk standar.

Kesimpulan

Ban ini sangat cocok bagi anda yang mendambakan style. Enak buat teman nongkrong. Performa ban juga sangat bagus untuk pemakaian di musim kemarau, Untuk jalan basah, pengguna harus extra hati-hati untuk pengereman mendadak karena bisa slip. Ane tidak merekomendasikan ban ini untuk ban depan, karea cenderung selip


1 komentar:

  1. Gan, saya mau minta pendapat pribadi agan (kalau bisa, kalau nggak bisa, paksain aja nggak apa-apa.. Maksudnya saya percaya 'instinct' agan lah)... Kalau agan disuruh memilih antara ban Swallow dengan ban Corsa, pilih mana?

    Mengenai shockbreaker belakang, menurut agan shockbreaker bawaan SX125HI 'kita'(maksudnya motor agan sama dengan motor saya gitu ;P) apakah sudah cukup bagus (red- cukup kuat) untuk touring? Bagaimana dengan kenyamanannya untuk beban 2 orang (menurut agan as my senior)?
    Dan satulagi mengenai shockbreaker; merk YSS ada Top Up, Z Series dan Hybrid... Menurut (instinct) agan mana lebih cocok untuk touring (segala kondisi jalan dengan beban 100kg+) dan mana lebih lebih nyaman untuk di perkotaan? Trims

    BalasHapus